Prodi Teknik Mesin Umsida Berhasil Lolos PK-KM Kemendikbud

Umsida.ac.id – Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) merupakan program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2021 dengan tujuan agar dapat meningkatkan mutu pendidikan tinggi dengan memfasilitasi aspirasi, inovasi dan semangat sivitas akademika kampus di Indonesia. (9/10)

Program Studi Teknik Mesin dengan akreditasi A, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berhasil lolos PK-KM Liga 2 kategori program kewirausahaan dan technopreneur. Program Kewirausahaan fokus untuk menghasilkan pendapatan pada usaha para mahasiswa dalam bentuk apa saja yang halal. Sedangkan program Technopreuner dikhususkan untuk mahassiwa yang memunyai bidang usaha yang berkaitan dengan teknologi dan berkaitan dengan Teknik Mesin.

Salah satu PK-KM program kewirausahaan mahasiswa Teknik Mesin Umsida yaitu produksi makanan beku milik Wahyu Rizaldi, dan M Lutfi Kharis yang berhasil memproduksi sandal jepit menggunakan bahan sisa dari kasur bekas ini merupakan salah satu contoh dari program Technopreuner. untuk PKKM Program Kewirausahaan dan Technopreneur bagi mahasiswa yang memenuhi syarat setelah dilakukan visitasi akan mendapat Hibah untuk membantu Kewirausahaan dan Technopreneur mereka sebesar Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah).

Dr Prantasi Harmi Tjahjanti S Si MT sebagai pendamping UMKM untuk membantu Kewirusahaan menyampaikan perasaan penuh syukur karena program kegiatan Teknik Mesin menjadi lebih banyak, semarak dan aktif. Sebab PKKM tidak hanya untuk para mahasiswa saja, namun juga untuk dosen, alumni, Laboran dan lainnya yang semuanya ditanggung pemerintah melalui PKKM ini,

“Tentu saja Program ini bagus untuk masa depan para mahasiswa. Sebagai pembelajaran dan bekal saat menjadi mahasiwa maupun setelah lulus menjadi Sarjana Teknik. Harapan tertinggi yang kami inginkan adalah Kewirausahaan dan Technopreneur yang mereka lakukan semoga bisa terus berkembang dan maju sehingga tidak hanya sumber income untuk menghidupi diri mereka dan keluarganya namun juga dapat merekrut tenaga kerja pada usaha mereka sehingga bermanfaat juga bagi semuanya,” Ujar Prantasi mengenai harapan kedepannya untuk seluruh Program Studi Umsida, khusunya untuk Fakultas Saintek dari Teknik Mesin.

Penulis : Zhahlya Amaldha

Related Posts

Pelantikan Rektor Umsida Masa Jabatan 2022-2026

Umsida.ac.id – (30/11) Pelantikan rektor Univesitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) digelar hari...

Umsida Launching PT Umsida Sinergi Utama dan Ekspor Perdana 2500 Tanaman Hias

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan peresmian PT Umsida Sinergi...

Leave a Reply