Bekali lulusannya, Prodi Teknik Mesin Adakan Sertifikasi Kompetensi BNSP

Umsida.ac.id – Program studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Sains Dan Teknologi (Saintek) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan kegiatan Asesmen dari adanya progam hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) oleh pemerintah, Sabtu (02/10).

Acara tersebut merupakan program sertifikasi kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mana prodi teknik mesin Umsida bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya, dan dilaksanakan di laboratorium teknik mesin.

Adapun alur kegiatan tersebut adalah pertama dimulai dengan kegiatan tes tulis, yang mana terdapat tiga keahlian yang diujikan yakni desain grafis teknik atau drafter cad, bubut, dan welding, kemudian dilanjutkan dengan praktek secara langsung dengan dibimbing pihak luar dari BLK Surabaya.

Ketua Prodi (Kaprodi) teknik mesin Edi Widodo ST MT menjelaskan pentingnya kegiatan tersebut. “Dari adanya progam pemerintah tersebut kami prodi teknik mesin memfasilitasi terutama mahasiswa yang akan lulus, atau mahasiswa semester atas, maupun yang masih skripsian, untuk mendapatkan sertifikat kompetensi BNSP yang mana bisa digunakan untuk bekerja di sebuah perusahaan nantinya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, para mahasiswa nanti akan dipilah sesuai dengan keahlian masing-masing. “Pertama kami sudah menyiapkan peserta pelatihan dari dua minggu sebelumnya, dan hari ini itu merupakan penilaiannya, terus kemudian mahasiswa yang sudah selesai praktek nantinya akan mendapat sertifikat sesuai keahliannya, dari mulai bubut, welding, dan drafter cad,” imbuhnya.

Ia berharap kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi mahasiswa prodi teknik mesin. “Harapan kami kepada mahasiswa adalah bisa dimanfaatkan dengan baik karena progam seperti ini biasanya berbayar namun kami tidak berbayar, dan juga bisa menyiapkan lulusan terbaik prodi teknik mesin Umsida,” pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Related Posts

Pelantikan Rektor Umsida Masa Jabatan 2022-2026

Umsida.ac.id – (30/11) Pelantikan rektor Univesitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) digelar hari...

Umsida Launching PT Umsida Sinergi Utama dan Ekspor Perdana 2500 Tanaman Hias

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan peresmian PT Umsida Sinergi...

Leave a Reply