Kenalkan Cara Branding Produk, Tim KKN-T 24 Bantu UMKM Susu Kedelai di Desa Sumput

Umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Terpadu (KKN-T) kelompok 24 melakukan inovasi baru dengan memberikan pendampingan branding produk kepada UMKM susu kedelai di Desa Sumput, Sidoarjo, Minggu (19/9). UMKM susu kedelai ini tidak lain ialah milik Bu Siti, salah seorang warga.

Inovasi yang diberikan adalah memberikan varian rasa baru pada susu kedelai yaitu rasa melon, rasa coklat, dan rasa strawberry. Selain itu juga, menampilkan kemasan baru berupa botol dan mendesain logo merk serta banner untuk diletakkan di tempat berjualan bu Siti guna membuat konsumen lebih tertarik.

UMKM susu kedelai milik Bu Siti sudah ada sejak 8 tahun yang lalu. Sebelum pandemi Covid-19, Bu Siti menghabiskan sebanyak 5 kg kedelai setiap harinya. Namun, karena adanya Pandemi Covid-19 ini, Bu Siti hanya menghabiskan 3 kg kedelai setiap harinya.

Proses pembuatan Susu Kedelai ini sangatlah mudah. Prosesnya diawali dengan membuat susu kedelai original menggunakan kacang kedelai asli. Lalu susu kedelai original dibagi menjadi beberapa bagian untuk nantinya diberi varian rasa. Pemberian rasa ini menggunakan pewarna rasa yang aman untuk makanan dan minuman. Terakhir, untuk pemberian rasa manis, takaran gula dapat disesuaikan dengan permintaan pembeli.

“Kami berharap dengan cara (menambah varian rasa) ini bisa lebih menarik minat konsumen sehingga bisa membangkitkan perekonomian UMKM di tengah pandemi Covid-19,” tutur Filda Dyah Nofitasari, anggota tim KKN-T 24.

Penulis : Filda Dyah Nofitasari dan Savira Natasyaavira Natasya
Edit : Angelia Firdaus

Related Posts

Pelantikan Rektor Umsida Masa Jabatan 2022-2026

Umsida.ac.id – (30/11) Pelantikan rektor Univesitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) digelar hari...

Umsida Launching PT Umsida Sinergi Utama dan Ekspor Perdana 2500 Tanaman Hias

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan peresmian PT Umsida Sinergi...

Leave a Reply